07-01-2015-rabon-003Sekolah SMA Yayasan Perguruan Panglima Polem Rantauprapat (YP-PPR) akan menjadi sekolah pertama yang menerapkan sistem energi terbarukan dalam sistem ketenagalistrikan yang bersumber dari tenaga surya.

Penggunaan energi surya tersebut, setelah sekolah tersebut mendapat bantuan perangkat pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dari PT Multi Mas Perkasa perusahaan penyedia perangkat listrik tenaga surya di Jakarta.

“SMA PPR akan menjadi satu-satunya sekolah pertama yang mendapatkan program bantuan solar power for school dari PT Multi Mas Perkasa atau Multimas Power. Program ini nantinya akan berdampak baik bagi penyelenggaran pendidikan,” kata Ketua Yayasan Perguruan PPR, dr H Edison Stephen MM melalui Sekretaris Yayasan Ir Johny SE Dipl Cim, Selasa (6/1).

Menurutnya, bantuan yang diberikan sekolah tersebut, berupa pembangkit listrik tenaga surya dengan daya 3 kilo watt yang akan dibangun di lingkungan sekolah. Nantinya energi listrik n
dari pembangkit tenaga surya tersebut akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan listrik di sekolah.

Dijelaskan Johny, akan banyak manfaat dan keuntungan bagi sekolah setelah menerima bantuan tersebut nantinya, yakni pertama bisa menghemat biaya tagihan listrik sehingga biaya tersebut dapat dialokasikan untuk kebutuhan program edukasi lainya.

Kemudian memberikan edukasi bagi siswa-siswi untuk mengetahui manfaat energi terbarukan karena dapat langsung memperlajari perangkat yang terpasang, selain itu akan bermanfaat bagi sejumlah subjek mata pelajaran seperti IPA, Teknologi Informasi, Geografi dan berbagai bidang studi lainya. Selanjutnya, keuntungan lain, dapat menjadi pemasukan tambahan bagi sekolah hingga 20 tahun kedepan dari tenaga listrik yang dihasilkan.

Sedangkan keuntungan bagi lingkungan yakni bisa mengurangi emisi karbon CO2, sehingga PPR bisa berperan aktif dalam mengurangi pemanasan global dari dampak emisi gas rumah kaca.

“Jadi dengan adanya program bantuan solar power for school tersebut dengan PPR sebagai pionirnya akan menunjukan komitmen kuat PPR dalam kepedulian terhadap lingkungan dengan menghadirkan energi terbarukan,” tandas Johny.

by www.metrosiantar.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *