gambar10

Puluhan siswa sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Sumenep, Senin (20/05/13), meluncurkan mobil-mobilan ‘Tamiya’ bertenaga surya. Peluncuran mobil-mobilan tenaga surya tersebut dilakukan di halaman Pemkab setempat dalam rangkaian hari Kebangkitan Nasional.

Salah satu pembuat ‘Tamiya’ tenaga Surya, Nur Fadilla, siswa MI Negeri Kolor mengaku terinspirasi membuat mobil-mobilan tersebut setelah melihat ‘tamiya’ milik temannya. Ia merakit ‘tamiya’ dari barang-barang bekas.

“Ini saya buat dari air mineral. Terus di atasnya diberi sel solar untuk menangkap sinar matahari yang dijadikan energi untuk menggerakkan mobil-mobilan ini,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumenep, Yayak Nur Wahyudi menjelaskan, pihaknya sengaja melibatkan siswa SD/ MI dalam pembuatan mobil-mobilan bertenaga surya, guna membangkitkan rasa cinta teknologi sejak dini.

“Anak-anak ini 20 tahun ke depan yang akan menjadi pemimpin. Karena itu, kami ingin mengenalkan teknologi sejak dini, karena eranya sekarang ini memang sudah serba teknologi,” ujarnya.

Namun demikian, Yayak mengaku tidak menafikkan kerajinan produk-produk tradisional. Karena itu, dalam rangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Nasional, pihaknya juga menampilkan ketrampilan siswa SMP membatik.

“Putra putri kita tidak boleh lepas dari nilai luhur bangsa. Dua demensi teknologi dan tradisional harus menyatu untuk menghadapi era globalisasi,” terangnya.

Sumber by www.beritajatim.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *