Lampu LED 20 Watt Tenaga Surya
Ratusan lampu tenaga surya (LTS) yang terpasang di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Jepara mengalami kerusakan. Baru sebagian kecil yang sudah diperbaiki oleh pemerintah provinsi. Hal tersebut diutarakan Ngadimin, Kabid ESDM Dinas Bina Marga, Pengairan, dan ESDM Kabupaten Jepara, Rabu (13/4/2016). “Total terdapat 120 unit lampu yang dipasang di jalan provinsi, seperti di Kecamatan Keling dan jalan kabupaten di Kecamatan Batealit dan Nalumsari. Namun hanya sebagian yang kondisinya normal. Mayoritas rusak bahkan mati,” katanya.

Ngadimin menjelaskan, lampu-lampu tersebut tidak berfungsi normal bahkan mati karena mengalami kerusakan pada baterai. Bahkan beberapa ada yang komponennya dicuri. “Ada juga yang sejak awal pemasangan, sudah rusak dan tidak bisa berfungsi normal,” terangnya.

Ratusan lampu yang rusak tersebut kemudian dilakukan perbaikan oleh pemprov. Namun tidak semua. “Sebelumnya kami melakukan pendataan dan dilaporkan ke Pemprov untuk diajukan perbaikan. Perbaikan yang dilakukan sudah 50 persen lebih,” ucapnya.

Kini sebagian lampu yang rusak tersebut dan sudah diperbaiki pemprov sudah diterima kembali oleh dinas terkait. “Adanya usaha Pemprov untuk memperbaiki  membuat kami menerima penyerahan aset tersebut dan serah terima sudah kami lakukan,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *