PLTS.bursaenergiRejanglebong– Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, memasang 96 titik lampu jalan tenaga surya.
Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Rejanglebong Elwan Effendi, Sabtu (19/12) mengatakan pemasangan 96 titik lampu jalan tenaga surya atau solar sel yang dimulai dari lampu merah Kelurahan Sukaraja Kecamatan Curup Timur hingga ke bundaran Simpang Nangka Kecamatan Selupu Rejang tersebut menelan anggaran Rp 3,6 miliar.
“Saat ini pemasangan lampu jalan solar sel itu tinggal menunggu baterainya saja yang kita impor dari Tiongkok, sedangkan untuk pemasangan tiang, boks, lampu dan peralatan lainya sudah selesai,” kata Elwan.
Proyek pemasangan lampu jalan dengan menggunakan tenaga surya itu ditargetkan selesai sebelum akhir 2015. Pemasangan lampu jalan tenaga surya itu untuk mendukung penerangan sehingga tidak harus membayar rekening listrik per bulannya.
Lambannya penyelesaian pekerjaan pemasangan lampu jalan ini kata Elwan karena pihak rekanan terkendala dolar AS. Pasalnya, sebagian besar peralatan diimpor, sedangkan pada perencanaan awal tidak memperhitungkan kurs.
Sebelumnya Kabid Kelistrikan Distamben Rejanglebong Zulkarnain, menyebutkan saat ini di daerah itu terdapat 2.500 titik lampu jalan yang tersebar dalam 15 kecamatan. Dari jumlah itu, 30 persennya sudah mengalami kerusakan.
“Anggaran untuk perawatan lampu jalan dianggarkan dalam APBD 2015 sebesar Rp 170 juta, jumlahnya sangat kecil karena lampu jalan yang dirawat mencapai 2.500 titik. Untuk itu perbaikan lampu jalan yang rusak tidak dapat dilakukan seluruhnya dan dipilih berdasarkan prioritas seperti di jalan protokol, jalanan yang dinilai rawan tindak kejahatan maupun rawan kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *