39relawan EBTKEJakarta, Petrominer — Pemerintah mengirim 25 orang fasilitator program pengelolaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berbasis masyarakat. Mereka akan bertugas di pulau-pulau kecil terluar di Indonesia.
“Adanya PLTS merupakan sumber cahaya penerangan masyarakat dalam kegiatan sehari-hari. Fasilitator yang bersedia ditempatkan di pulau-pulau kecil terluar dapat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir,” ujar Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Rida Mulyana, usai menutup pelatihan para fasilitator itu, Jum’at malam (24/4).
Pemerintah selama ini kurang menjangkau pulau-pulau kecil terluar. Para fasilitator ini menjadi relawan pulau-pulau kecil terluar yang dapat mewujudkan kehadiran negara di lokasi yang sulit dijangkau.
Tahun ini, ada 9 orang perempuan dan 16 orang laki-laki dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka diseleksi dari 400 orang peminat dengan latar belakang sarjana lulusan berbagai disiplin ilmu. Para fasilitator itu mengikuti kegiatan pembekalan selama 6 hari, sebelum ditempatkan di lokasi sasaran oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Pelatihan fasilitator ini diselenggarakan oleh Direktorat Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil (Ditjen KP3K), Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan Proyek EnDev Indonesia GIZ dan Destructive Fishing Watch (DFW)-Indonesia.
Selain kegiatan pembekalan di ruangan para peserta pelatihan juga diterjunkan langsung ke Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu, yang dijadikan percontohan pulau.

By www.petrominer.co.id


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *