gambar pju

CIREBON: SMKN 2 Kota Bekasi berhasil mengembangkan alat penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya dan langsung direspon pemda setempat dengan rencana pemakaian di seluruh ruas jalan kota tersebut.

Gambaran skema penggunaan PJU tenaga surya dari SMKN 2 Kota Bekasi telah masuk ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah yang selanjutnya akan mulai dikerjakan pada tahun anggaran 2013.

Guru Listrik Jurusan Elektronik Industri SMKN 2 Kota Bekasi Rebo menjelaskan penggunaan PJU tenaga surya bisa menghemat penggunaan daya listrik sebesar 60% dengan asumsi untuk 100 unit lampu PJU biasa, butuh daya listrik sekitar 25.000 Watt sedangkan dengan PJU tenaga surya hanya butuh 9.900 Watt.

Selain itu, katanya, harga PJU tenaga surya SMKN 2 Bekasi hanya Rp18 juta per unit lebih murah sekitar 40% dari PJU perusahaan swasta yang bisa di atas Rp30 juta per unit.

“1 unit lampu PJU dari perusahaan [PJU konvensional] membutuhkan daya listrik sebesar 2.500 watt, sedangkan dengan PJU tenaga surya yang dikumpulkan melalui panel solar cell hanya membutuhkan daya listrik sebesar 99 watt,” katanya pada pameran Epitech ke-7 di Cirebon, Senin (12/11/2012).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wahyudin Zarkasyi mengungkapkan pihaknya akan terus mendorong penyerapan hasil karya dan tenaga kerja lulusan SMK di dunia usaha dan industri.

“Penunjukkan proyek pengadaan suatu kegiatan seperti PJU perlu mendapat apresiasi dari seluruh instansi termasuk pemerintahan agar kendala kurangnya penyerapan karya dan lulusan siswa kejuruan bisa diatasi,” tuturnya. (ra)

Sumber by www.plasamsn.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *