Bandara Kalimarau
TANJUNG REDEB – Solar cell multifungsi di Bandara Kalimarau, akhirnya bisa difungsikan. Hibah dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini, bisa menyuplai 30 persen daya listrik di bandara.
Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kalimarau, Bambang Hartato, mengungkapkan, solar cell selesai dibangun akhir tahun 2016 dan mulai dioperasikan awal Januari 2017. “Kami operasikan berdasarkan petunjuk dari penyedia yang ditunjuk oleh Kementerian ESDM,” ujarnya kepada Berau Post, beberapa waktu lalu.
Lanjut Bambang, dengan kapasitas daya listrik mencapai 315 kilo volt ampere (kVA), bisa menyuplai daya pada fasilitas di Terminal Bandara Kalimarau, sebesar 30 persen dari totol daya yang dibutuhkan. Sementara total kebutuhan daya listrik keseluruhan untuk operasional bandara mencapai 1,3 megawatt (MW).
Karena sifatnya on grid atau tanpa baterai, suplai daya hanya bisa pada siang hari. Sementara suplai pada malam hari secara keseluruhan berasal dari PLN. “Setidaknya mengurangi penggunaan listrik yang besar pada siang hari. Alhamdulillah kondisinya (solar cell, red) baik,” tuturnya.
Meski dihibahkan pada UPBU Kalimarau, dikatakan Bambang, pihaknya masih menunggu surat hibah dari Kementerian ESDM. Karena sebelumnya, hanya berupa penyampaian saja, secara administrasi belum ada. “Apapun bentuknya nanti, kami berterima kasih pada Kementerian ESDM, telah memilih Bandara Kalimarai sebagai pilot project,” tegasnya.
Solar cell multifungsi yang dibangun Kementerian ESDM di Bandara Kalimarau ini, berdasarkan informasi yang diterima Bambang, merupakan satu-satunya di Indonesia.
Dari lima bandara yang dikelola Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memiliki solar cell, hanya Bandara Kalimarau yang multifungsi. Di mana bisa menjadi peneduh kendaraan bermotor atau mobil di area parkir. “Ini yang pertama di Indonesia,” imbuhnya. Bambang bersyukur, pembangunan solar cell, konsepnya bisa seimbang dengan gedung Terminal Bandara Kalimarau.
Sumber berita by http://berau.prokal.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *