solar home system 50wp Solusi Penerangan Rumah Warga

solar home system 50wp Solusi Penerangan Rumah Warga

Beberapa warga pedalaman mulai melirik tenaga alternatif buat listrik, salah satunya adalah tenaga surya. Rosmayani guru di Desa Harapan Baru kecamatan Pamukan Utara merasakan keuntungan menggunakan listrik tenaga surya.

“Memakai tenaga surya lebih hemat. Tidak berisik,” ujarnya, Kamis kemarin. Ia menambahkan, suaminya baru saja membeli alat tersebut untuk dipasang di rumah.

Selain dia,  juga ada beberapa warga lainnya memasang alat serupa. Di Pamukan Utara, listriknya masih 12 jam saja dalam sehari. PLN setempat hanya melayani warga saat malam hari, maklum masih menggunakan tenaga diesel, dengan biaya operasional dan perawatan yang tinggi.

Meski demikian, untuk tenaga surya di musim sekarang juga tak memberikan hasil maksimal. Cuaca sering mendung, sehingga accu sebagai tempat penyimpan daya listrik layaknya baterai jarang bisa terisi penuh.

Selain di sana, warga Desa Oka-Oka kecamatan Pulau Laut Kepulauan juga banyak menggunakan listrik tenaga surya, selain listrik dari PLN. Alasannya sama, PLN belum memberikan layanan siang malam. Meski, belum lama tadi Kepala PLN Kotabaru Basuki Rahman mengatakan, pihaknya terus berusaha meningkatkan pelayanan, dan sudah ada beberapa desa yang ditingkatkan layannya dari malam saja menjadi siang malam.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kotabaru, Ir Talib MAP saat dihubungi mengatakan, beberapa warga pesisir di Kotabaru memang mendapatkan bantuan dari pihaknya alat tenaga surya. Bantuan tersebut untuk memberikan warga pesisir layanan listrik yang murah dan ramah lingkungan.

“Sebenarnya sangat bagus kalau kita memanfaatkan alam sebagai sumber energi, maksudnya energi yang terbaharukan, seperti matahari, angin dan air,” ujarnya. (zal)

Sumber : Radarbanjarmasin.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *