sumenep.bursaenergiPemkab Sumenep berniat membangun jaringan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di dua pulau kecil yang selama ini gelap gulita.
Melalui APBD 2015, Pemkab menyediakan Rp 2,6 miliar untuk membantun PLTS di Pulau Kangean dan Pulau Sapeken.
Menurut Kepala Kantor Energi Sumber Daya Mineral ( ESDM ) Sumenep, Abd Kahir, selama ini warga di dua pulau tersebut menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel yang selalu bergantung pada pasokan BBM.
PLTS itu akan akan dibangun di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kangayan, Pulau Kangean, dan Pulau Saor Saebus, Kecamatan Sapeken.
“Rinciannya dana Rp 2,6 M itu dibagi dua. Yakni masing-masing pulau sebesar Rp 1,3 miliar sehingga total keduanya Rp 2,6 miliar. Dananya telah disiapkan dari APBD tahun 2015,” ujar Abd Kahir, Kamis (26/11/2015).
Ia berharap, PLTS itu juga dapat memenuhi kebutuhan listrik bagi warga di beberapa kepulauan terpencil sekitar Pulau Kangean dan Sapeken.
“Kami harapkan tidak lagi ada keluhan soal lampu penerangan di dua kepulauan teraebut. Dan pembangunan PLTS itu akan juga diusahakan bagi kepulauan terpencil lainnya yang tidak terjangkau PLN,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *