b1

WARTA KOTA, DEPOK-Dengan luas dan rasio jalan yang ada, idealnya Kota Depok memiliki 15.000 lampu penerangan jalan umum (PJU). Sementara jumlah PJU yang ada saat ini hanya 6.000 unit atau sekitar 40 persennya saja.

Jadi wajar di beberapa ruas jalan di Depok cukup gelap dan rawan tindak kejahatan. Apalagi dari sekitar 6000 PJU, sekitar 400 diantaranya rusak. Untuk itu tahun 2015, Kota Depok dipastikan akan menambah lagi jumlah PJU yang ada walau ditargetkan hanya menamah 300 PJU saja.

“Sampai akhir tahun ini, kami targetkan memasang 300 lampu PJU. Terutama di wilayah-wilayah yang masih kurang penerangannya, dan rawan” kata Kepala Dinas Perhubungan Depok Gandara Budiana, kepada Warta Kota, Minggu (8/2/2015).

Menurut Gandara pemasangan akan dimulai pertengan tahun, karena proyek pengerjaan rata-rata dimulai triwulan ke tiga.

“Sebab semuanya harus melalui proses lelang dulu,” ujar dia.

Gandara mengatakakan, sebanyak 300 lampu PJU ini akan dipasang di beberapa titik yang direncanakan seperti Jalan Kartini, Jalan Raya Citayam, Jalan Raya Bogor, Jalan Tole Iskandar, Jalan Raya Sawangan, dan Jalan Raya Cinere. Menurut Gandara, pemasangan PJU di Jalan Sawangan diprioritaskan karena di sana memang sangat minim penerangan.

“Jalan Sawangan, memang sangat minim penerangan sehingga sangat diperlukan di sana,” katanya. Jalanan tersebut tergolong rawan kriminalitas terutama di malam hari.

Ia menjelaskan, jenis lampu PJU yang digunakan adalah seperti yang sebelumnya yakni yang berwarna kuning dan menggunakan listrik.

Sumber :  http://wartakota.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *