PLTSKualatungkal,JAMBISATU.com – Tahun ini Kabupaten Tanjab Barat mendapatkan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dari Kementrian ESDM Pusat. Total jumlah bantuan PLTS yang akan diluncurkan nantinya berjumlah 9 buah.
Setelah resmi diluncurkan, nantinya kesembilan PLTS ini akan ditempatkan dibeberapa desa yang belum ada jaringan listriknya, khususnya di desa yang terletak di Kecamatan Pangabuan,Seberang Kota dan Kuala Betara.
“Bantuan PLTS ini sangat membantu. Apalagi ditahun 2015 ini pembangunan PLTS tidak lagi diprogramkan dalam APBD karena adanya defisit anggaran,” ujar Kepala Dinas ESDM Tanjab Barat, Yon Heri.
Dijelaskannya, tiap satu unit dari PLTS ini nantinya akan mampu memproduksi daya 20-30 Kwp. Dengan daya sebesar ini akan mampu untuk mengakomodir sebanyak 150 hingga 200 rumah.
“Mengenai penggunaan PLTS ini tergantung dari kebutuhan masyarakat. Diperkirakan per rumah mendapatkan 360 watt,” jelasnya.
Yon menambahkan, pelaksanaan PLTS bantuan Kementrian ini akan dilakukan oleh masyarakat desa yang menerima bantuan dengan membentuk kelompok. Selain itu ada beberapa orang yang akan dilatih PLN untuk mengoperasikan PLTS.
Tak hanya itu, nantinya juga akan dibentuk tim administrasi untuk memungut biaya pemeliharaan PLTS. Seperti untuk masyarakat yang tinggal diseberang kota dikenakan biaya sebesar Rp 40.000/bulan.
“Rencananya seluruh PLTS itu akan terealisasi tahun ini. Dengan daya 360 watt bisa dipakai untuk tv dan lampu siang malam. Jika dibandingkan dengan mesin diesel, tentunya jauh lebih hemat,” tutupnya.
By jambisatu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *