Lampu Solar Cell Manado
Kadis PMD Drs Evert Poluakan sebelumnya telah menyatakan akan melakukan evaluasi kembali program pemasangannya di sejumlah desa yang belum direalisasikan sejak pada Januari ini, kendati pengadaannya dianggarkan melalui Alokasi Dana Desa (ADD)  tahun 2016.
“Saya bingung, Pak Kadis PMD sempat menyatakan akan mengevaluasi kelayakan program itu tetapi ternyata sudah terpasang semuanya,” kata Ketua LSM Bangkit Indonesia Cabang Minsel Djohny Pojoh.
Ia mengaku jika pengadaan Solar Cell pada  167 desa dibiayai dengan ADD  tahun 2016. Program yang diserahkan kepada pihak ke tiga ini sempat mengundang reaksi dari berbagai pihak sehingga Kepala BPMPD Drs Benny Lumingkewas sempat dipanggil dan dimintai keterangan pihak Tipikor Polres Minsel.
Menariknya, kata Pojoh, di depan penyidik Lumingkewas membeber bila proyek pengadaan fasilitas lampu jalan tenafa surya itu tidak menjadi tanggung jawab pihaknya karena kontrak dilakukan langsung oleh pihak desa dengan pihak ke tiga.
“Jadi agak riskan sekali kalau  Lumingkewas yang ketika itu sebagai pejabat instansi teknis tidak tahu menahu soal proyek pengadaan lampu solar cell tersebut,’’ tegas mantan Hukum Tua Desa Malenosbaru Kecamatan Amurang Timur kepada Fajarmanado.com di Amurang, Selasa (31/1/2017).
Nilai pengadaan satu unit lampu solar cell berkisar Rp 24 juta dan berlaku sama pada semua desa. Harga terpasang ini, lanjut Pojoh, relatif besar.
“Informasi yang saya dengar, pihak ke tiga berhubungan dengan desa atas petunjuk pihak BPMPD. Makanya, saya sendiri heran kenapa justru oknum pejabat tersebut mengaku tidak tahu menahu soal proyek pengadaan lampu solar cell itu,” tukasnya.
Pojoh pun mengatakan, LSM Bangkit Indonesia Minsel akan turun ke desa-desa untuk memantau sejauh mana lampu solar cell yang dipasang pihak ke tiga.Tim kami akan melihat langsung wujud dari penggunaan lampu solar cell di semua desa sekaligus mengumpulkan keterangan dari pemerintah dan warga setempat,’’ tegasnya.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Minsel, Drs Evert Poluakan belum berhasil dihubungi. ‘’Maaf, bapak lagi tugas luar (TL). Jadi, nanti kami sampaikan kedatangan anda,’’ sebut sejumlah staf yang meminta namanya tidak ditulis.

Sumber Berita by http://fajarmanado.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *