ATM Tenaga Surya

Penggunaan tenaga surya sedang marak akhir-akhir ini sebagai salah satu solusi dari energi alternatif terbaharui yang ramah lingkungan. Anda mungkin sudah sering mendengar kendaraan bertenaga surya ataupun rumah dengan panel surya. Tetapi, pernahkah Anda membayangkan menggunakan mesin ATM yang terbuat dari tenaga surya? India telah merealisasikannya dan membawa perubahan yang cukup signifikan dalam hal perekonomian negeri itu, khususnya di daerah pedalaman di negara dengan penduduk terbanyak kedua di dunia itu.

Permasalahan bagi penduduk India yang tinggal di pedalaman adalah kesulitan mereka dalam mengakses uang sendiri, karena bank terdekat yang dapat mereka raih sering kali berjarak satu hari perjalanan. Belum lagi dengan biaya perjalanan yang sangat mahal, yang membuat penduduk kehilangan uang sekaligus waktu berharga mereka untuk menghasilkan uang.

Selain itu, tidak sedikit juga daerah yang belum terjangkau listrik, sehingga mesin ATM konvensional bukanlah menjadi solusi yang mampu menyelesaikan permasalahan itu. Sedangkan membangun bank di setiap desa pun adalah sesuatu hal yang tidak mungkin untuk dilakukan.

Permasalahan itu membuat perusahaan teknik India, Vortex, berusaha untuk menyelesaikan permasalahan itu dengan membuat mesin ATM tenaga surya.

Mesin ATM yang diberi nama Gramateller ATM ini memiliki bentuk yang praktis dan efisien, serta didisain untuk dapat digunakan di berbagai tempat di dunia. Mesin ini memiliki solar panel yang mampu menyimpan energi mulai dari empat hingga delapan jam. Mesin ini mampu bertahan di sebuah medan dengan cuaca mencapai 50 derajat Celsius, tanpa membutuhkan pendingin seperti mesin ATM konvensional.

Dari segi efisiensi tenaga, mesin ini mampu menghemat energi hingga 90 persen dari mesin konvensional. Mesin ini mampu memangkas biaya listrik hingga hanya sekitar $ 10 saja setiap bulannya. Mesin ini juga dilengkapi dengan alat identifikasi sidik jari, yang memudahkan pengguna di daerah tertinggal yang tidak akrab dengan mesin digital. Hal ini semakin memudahkan mereka untuk mengakses uang mereka sendiri kapanpun dan di manapun.

Sejauh ini, Vortex telah menempatkan 450 unit mesin mereka di seluruh daerah di India, khususnya di daerah pedalaman yang berjarak lebih dari 60 km dari bank terdekat. Vortex mendaulat diri mereka sebagai perusahaan yang memiliki ATM tenaga surya terbanyak di dunia. Baru-baru ini, mereka mengumumkan rencana mereka dalam dua tahun mendatang untuk menempatkan sekitar 10.000 unit mesin ATM tenaga surya lagi, tidak hanya di India tapi juga di seluruh dunia.

Efesiensi tenaga listrik dapat dilakukan dengan banyak hal. Tidak dapat dipungkiri jika ATM-ATM yang bersebaran di berbagai wilayah Indonesia tentunya membutuhkan konsumsi listrik yang tidak sedikit. Lalu, akankah mesin ATM cerdas ini menjadi salah satu solusi terbaru penghematan energi listrik di dunia umumnya dan juga di Indonesia khususnya?

Sumber by www.mizam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *