Penerangan Jalan solar cell

 

PT Jasa Marga (Perse) Tbk berencana memperbanyak fasilitas lampu dengan tenaga surya (solar cell) pada semua ruas tol milik perseroan sebagai upaya penghematan. Penghematan ini sebagai upaya mensiasati kenaikan tarif dasar listrik (TDL) 2013 .

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman saat acara Jumpa Pers Awal Tahun 2013 PT Jasa Marga (Persero) Tbk, di kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, (3/1/2013).

“Semua PJU (penerangan jalan umum) yang ada di jalan tol kita akan ganti pakai solar cell. Anda bayangkan sekarang itu, ditambah TDL naik. Bayar listrik dalam satu tahun untuk tol dalam kota saja kita bayar Rp 4 miliar ke PLN,” kata Adit.

Secara terpisah, Direktur Operasi Jasa Marga Hasanudin mengatakan, seluruh ruas tol milik Jasa Marga akan menggunakan lampu solar cell dalam dalam 5 tahun ke depan. Nantinya, lampu solar cell akan yang akan digunakan adalah lampu bertegangan 120 watt.

“PJU dalam 5 tahun ke depan. Bertahap, yang nanti kita harapkan sampai 120 watt. Kemungkinan pada awal 2014 sudah terwujud (mulai),” tutur Hasanudin.

Dia menambahkan, saat ini ruas tol yang telah menggunakan lampu solar cell ialah ruas Cawang-Cengkareng. Namun, lampu solar cell yang memebentang di ruas tol tersebut bertegangan rendah, yakni 70 watt.

“Yang cawang baru pilot project. Itu dengan led 70-80 watt,” katanya.

Saat ini, Jasa Marga mengakui panel lampu soalr cell 120 watt masih belum tersedia di pasaran. Sehingga membutuhkan waktu untuk merealisasikan program tersebut.

Sumber : finance.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *