Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota kembali akan memasang traffic light di 3 titik persimpangan tahun ini. Anggarannya berasal bantuan dari Pemprov Bengkulu. Ketiganya merupakan persimpangan yang ramai dan setiap hari selalu macet. Masing-masing simpang Brimob Semarang, simpang Semarang – Bentiring dan Persimpangan Gereja Kebun Tebeng.

Kadishubkominfo Kota, melalui Kepala Seksi Prasarana dan Sarana Keselamatan Teknik Bidang Perhubungan Darat Dishubkominfo Kota Firdaus, MZ mengatakan sebenarnya masih ada beberapa persimpangan lagi dalam kota yang akan dipasang traffic light. Seperti simpang empat Pantai Jenggalu, simpang Dehasen Sawah lebar dan lain sebagainya. “Kalau nominal angka anggaran bantuan saya tidak tahu persis. Kita hanya dapat bantuan traffic light sudah bentuk barang. Dipasang tahun ini. Kita sifatnya menunggu,” terang Firdaus.

Meski Dishub Kominfo Kota kembali akan memasang traffic light di 3 titik persimpangan tahun ini, namun beberapa traffic light kondisinya tidak normal dan rusak. Terutama pada pengaturan waktunya. Pengendara yang berhenti di persimpangan kerap bingung menunggu rambu jalan, sebab ada kalanya dua lampu menyala sekaligus atau lampu yang menyala satu tetapi hanya satu warna sepanjang hari. Diantaranya di simpang Pagar Dewa menuju Bandara Fatmawati di Jalan Raya Padang Kemiling, simpang Kompi, simpang Padang Harapan Jalan Kapuas, simpang SDN 5 Jl Asahan dan Simpang Sukamerindu.

“Beberapa traffic light sudah kita perbaiki. Seperti di jalan Kapuas yang sudah lama mati. Sebagian lagi mati bukan karena rusak, tetapi ada bola lampu yang mati. Itu sedang kita invenatrisir untuk diganti,” imbuh Firdaus.

Firdaus minta masyarakat tidak memasang atribut seperti spanduk yang melekat di atas traffic light. Sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu Lintas dan Angkutan, dalam Pasal 275 menyebutkan dilarang memasang atribut seperti spanduk di tiang penyangga lampu merah. Sebab bisa berdampak kerusakan traffic light. “Sering terjadi traffic light rusak gara-gara spanduk yang dipasang sembarangan oleh masyarakat. Kami mengimbau pengguna jalan berhati-hati, jika melewati traffic light,” imbau Firdaus.

Sumber by harianrakyatbengkulu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *