a7

JOGJA – Sebagai wujud baktinya kepada bangsa, UGM terus mengimplementasikan temuan teknologi inovasi kepada masya-rakat. Kali ini, kampus tertua di tanah ini bersama USAID mengembangkan listrik berte-naga surya di Karimunjawa. Yakni, memasang instalasi Solar Home System (SHS) 500 Wp di empat lokasi dan Solar Water Pumping System (SWPS) di delapan lokasi.

Ke-8 lokasi tersebut, antara lain di Kantor Kecamatan Karimun-jawa, Puskesmas Kecamatan Karimunjawa, masjid Al Hikmah Desa Kemujan, Sekolah MTS/MA NU Safinatul Huda, SMK N 1 Karimunjawa, Kantor Peting-gi Pulau Parang, Kator Petinggi Pulau Genting, dan Kantor Pe-tinggi Pulau Nyamuk. Semua berada di Kecamatan Kepulau-an Karimunjawa, Jepara.“Pemasangan listrik bertenaga surya ini untuk mendukung ke-tersediaan listrik dan air di Ka-rimunjawa,” kata Ketua Tim Program Listrik Surya Pusat Studi Energi (PSE) UGM Rach-mawan Budiarto kemarin (5/2).

Menurutnya, kerja sama teknis ini untuk mendukung penguatan ekonomi penduduk, terutama pelaku UKM yang berada di wi-layah Karimunjawa. Ia berharap, pemasangan listrik bertenaga matahari ini bisa memberikan kontribusi peningkatan kesejah-teraan masyarakat di Karimun-jawa, terutama bidang penye diaan energi dan penguatan ekonomi rakyat berbasis gender.“Listrik bertenaga matahari mem-bantu puskesmas lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan listrik ini, alat-alat laboratorium untuk cek kesehatan, juga selalu siap digunakan,” tambah Rachmawan.

Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyara-kat UGM Suratman mengatakan, program tersebut sejalan dengan tekad UGM menjadi socio enter-preneur university. Ia berharap, ada road map dan masterplan pengem-bangan pulau-pulau di Jepara. “Technopark bisa saja di-kembangkan di Jepara. Sinergi antara perguruan tinggi, birokrat dan swasta, sangat penting dalam pengembangan Pulau Mandiri Energi di sana,” harap Suratman.

Wakil Bupati Jepara Subroto mengucapkan terima kasih atas kepedulian UGM dan USAID da-lam pengembangan listrik surya di Jepara. Menurutnya, banyak wilayah di Jepara yang potensial dijadikan lokasi pengembangan listrik surya.

Sumber : http://www.radarjogja.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *