desa-pipitakjaya-pakai-plts

desa-pipitakjaya-pakai-plts

Desa Piitakjaya Kecamatan Piani Kabupaten Tapin, Kalsel yang masuk dalam kawasan kaki Gunung Meratus itu belum tersentuh aliran listrik PLN. Uniknya setiap rumah di desa tersebut di. atap rumahnya terdapat antena. Saat dikonfirmasi kepada warga setempat, ternyata benda itu alat listrik tenaga surya.

“Kami di desa ini menggunakan listrik tenaga surya, sebab listrik PLN belum masuk,” jelas warga setempat. Menurut warga setempat dengan listrik tenaga surya tersebut sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan penerangan listrik pada malam hari. Kepala Desa Pipitakjaya, Sugianor mengatakan ada sejumlah 70 buah rumah di desanya yang mendapat bantuan listrik tenaga surya dari Pemda Tapin. Bantuan tersebut sudah lama sekali, tetapi peralatan listrik tenaga suryanya masih berfungsi dengan baik, jelas Sugianor kepada Bpost pekan lalu. Sugianor berharap kepada Pemda Tapin dan PLN segera listrik masuk ke desanya, sebab listrik tenaga surya yang ada saat ini memiliki keterbatasan.

Menurut Sugianor tampaknya listrik PLN akan masuk ke desanya, sebab tiang listrik dan kabelnya mulai dipasang beberapa bulan yang lalu. Mudahan segera dapat difungsikan, harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *