Lampu Jalan.bursaenergiKBRN, Ternate: Lampu penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya yang terpasang 200 titik di Sofifi Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan (Tikep) dianggap belum merata di seluruh kelurahan dan RT. ”PJU tenaga surya yang ditangani PT Surya Halnusa MP di Sofifi itu belum terpasangan merata di semua di kelurahan dan RT. Kami minta pak gubernur agar bisa menambah lampu PJU. Bagi kami lampu PJU sangat efektif untuk penerangan jalan di Sofifi,” ungkap Lurah Sofifi Fitra Rajabessy kepada RRI di kantor kelurahan kemarin (31/8).
Ia mengatakan dengan PJU tenaga surya itu sangat membantu masyarakat di malam hari. Bahkan Sofifi sekarang mengalami perubahan. ”Kalau PJU dari listrik PLN sudah bagus, tapi ketika PLN padam semua jadi gelap. Tapi tenaga surya biar PLN padam, dijalan raya tetap terang. Kondisi ini cukup membantu masyarakat beraktivitas dimalam hari,” katanya sembari mengatakan saat PJU terpasang, kenakalan remaja maupun kecelakaan lalu lintas jadi berkurang.
Sementara wakil gubernur M Natsir Thaib ketika dikonfirmasi mengatakan, program PJU sudah menjadi program gubernur bersamanya. ”Saya dan pak gubernur sudah berkomitmen untuk membuat lampu PJU sebanjang jalan kota sofifi hingga Desa Payahe Kecamatan Oba Selatan,” kata wagub. Ia juga mengakui bahwa listrik tenaga surya itu sangat efektif, karena tidak membebani listrik PLN. ”Kita akan terus berupaya, sehingga Kota Sofifi bisa terang di bandingkan Kota Ternate,” tambah wagub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *