Ada satu kawasan pemukiman di Pulau Karampaung yang kini penduduknya amat butuh listrik tenaga surya guna mengatasi kesulitan energi mereka, terutama untuk penerangan umum.

Penduduk di Pulau Karampuang, Kecamatan Simboro Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), ini benar sangat membutuhkan atensi di bidang ini.

“Masyarakat Pulau Karampuang yang hanya berjarak satu kilometer di depan Mamuju, ibu kota Provinsi Sulbar, tetapi masih kesulitan listrik,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar, Ismail Zainuddin, di Mamuju, Jumat (9/8) kemarin.

Ia juga mengemukakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) di Sulbar ingin mengakhiri kesulitan listrik masyarakat di Pulau Karampuang yang berpenduduk sekitar 2.000 jiwa itu dengan berupaya menyediakan listrik tenaga surya.

Disebutnya lagi, Pemprov Sulbar merencanakan membangun listrik tenaga surya di Pulau Karampuang karena itu sangat dibutuhkan guna mengatasi kesulitan energi pada masyarakat yang dominan berprofesi sebagai nelayan itu.

Ia mengatakan pula, pihaknya segera menyusun studi kelayakan pembangunan listrik tenaga surya di pulau yang terkenal akan keindahan panorama lautnya itu dan merupakan salah satu tujuan wisata di Kabupaten Mamuju.

“Meskipun tidak dapat digunakan untuk kebutuhan pribadi warga, namun listrik tenaga surya akan membantu menerangi tempat umum yang diharapkan dapat memperlancar aktivitas masyarakat,” katanya.

Ia berharap masyarakat dapat menunggu rencana pemerintah dalam mengatasi kesulitan listrik di Pulau Karampuang.

“Kami akan terus memenuhi kebutuhan yang sangat mendesak di pulau yang menjadi salah satu keindahan kota Mamuju itu,” demikian Ismail Zainuddin.

 

Sumber : Solusinews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *